FORMULASI SEDIAAN SABUN PADAT DARI MINYAK NILAM (Pogostemon cablin Benth)

Nirwati Rusli

Sari


Sabun padat adalah sabun yang dibuat dari reaksi saponifikasi dari lemak padat dengan NaOH, yang digunakan untuk membersihkan badan. Minyak nilam memliki kandungan patchouli alcohol antibakteri, dan antiradang. Salah satu sediaan yang tepat untuk memformulasikan minyak nilam untuk antibakteri adalah berupa sabun padat. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sediaan sabun padat minyak nilam sebagai sabun antibakteri.

Penelitian dilakukan secara eksperimen dengan membuat sediaan sabun padat dengan uji evaluasi fisik sabun padat meliputi uji organoleptik yaitu warna, bentuk dan aroma, uji pH, uji tinggi busa, dan uji kestabilan (cycling test).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sediaan yang dibuat memiliki warna yang berbeda dan aroma yang sama, karena proses yang digunakan untuk sabun padat yaitu dengan dengan reaksi saponifikasi selama 2 jam dengan temperature 70-800C, dengan variasi minyak atsiri nilam 1%, 2%, 3% (b/b) sebagai bahan aditifnya dan menggunaka jenis basa NaOH. Dari hasilĀ  konsentrasi minyak nlam yang bervariasi, yang membuat warna berbeda dengan aroma yang sama, pH yang diperoleh antara 7,77-9,70 dengan ketinggian busa dalam sebesar 9 cm.


Kata Kunci


Minyak nilam, saponifikasi, sabun padat, minyak kelapa

Teks Lengkap:

Fulltext PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


View My Stats